Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Montir motor perlu gunakan logika dan rasa juga

Montir motor perlu gunakan logika dan rasa juga

kursus montir motor


            Terkadang kita menemukan pengalaman baru saat kita sering berkutat dengan penanganan kerusakan sepeda motor. Jika terlalu polos dan minim pengalaman bisa kesulitan menghadapi kasus yang komplek. Sementara mekanik dituntut untuk bisa tepat dan cepat untuk menangani kerusakan sepeda motor.
            Latihan trouble shooting dengan cepat dan tepat termasuk kemampuan tingkat advance dari seorang mekanik motor. Seperti kasus yang diliput oleh pak Taufik tmcblog.com saat ada ITGP ( Indonesia Technician Grand Prix) itu merupakan kompetisi mekanik Yamaha agar terpilih yang berprestasi baik teori maupun ketrampilanya. Pesertanya dari mekanik motor Yamaha seluruh Indonesia. Dan ITGP pada tahun 2012 yang diseleksi ada sekitar 11.504 mekanik motor Yamaha.
Saya menyorotnya khusus pada tes trouble shooting final, saat pak Taufik menggambarkan tes trouble shooting  mio J brebet saat digas, “di starter nyala, langsam bagus, semua kelistrikan oke . . . akan tetapi saat di geber mberebeeet”, sementara lainya OK dan alat FIDT (alat diagnosa kerusakan motor injeksi Yamaha)pun sudah dipake dan tidak menunjukkan kerusakan apa-apa, ternyata problemnya ada di manifold karet yang sengaja disobek.
Kasus tersebut sengaja dibuat. Hal ini menunjukkan terkadang dengan alat diagnostic cangihpun tidak ditemukan problemnya, sehingga mekanik perlu juga logika dan rasa dalam menangani berbagai kasus kerusakan. Adapun mekanik motor/ montir motor untuk bengkel umum, kasus dan tingkat kesulitanya bisa lebih komplek dari kasus tersebut, karena harus paham motor lintas merek, harus banyak belajar. Itulah pentingnya belajar secara bertahap dengan guru atau instruktur sehingga lebih mudah menyerap pengalaman. Dan pastikan mencari lembaga yang punya prestasi dan instrukturnya punya sertifikasi mengajar yang legal.

Ingin sekilas cuplikan trouble shooting kerusakan motor?



Terima kasih

Dadang Auto Champion