Kerugian modifikasi motor
Kerugian modifikasi
motor
Kata modifikasi motor seolah menjadi
magnet tersendiri bagi generasi muda. Seolah-olah semua ingin menjadi pembalap
dan itu justru dijadikan standar pergaulan generasi muda. Apalagi itu dilakukan
di jalan umum. Padahal efeknya adalah balap liar, kebut-kebutan dijalan,
mengganggu lingkungan dengan kecepatan dan suara motor. Semua itu akan
merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi sedikit jumlah populasi pemuda yang
beretika.
Ini contoh kerugian modifikasi motor
yang semua itu bisa berakibat membahayakan pengendara dan merusak motor.
Modifikasi yang dilakukan ini berefek merubah
perbandingan kompresi karena semua yang dilakukan adalah bore up (membesarkan seker dengan yang
lebih besar, biasanya melebihi standar oversize)
Kasus 1
Kawasaki
blitz 125cc sekernya diganti dengan seker Honda tiger 2000 yang 200 cc, selain
membuat suara lebih besar, getaran besar, efek lainya adalah as gigi rasio bisa patah.
Ini gigi rasio saya foto saat dibawa pak Rio pas beli alat injeksi di Auto Champion, beliau pemilik bengkel di Brebes, itu salah satu motor yang dikerjakanya.
Kasus 2
Motor
Yamaha byson yang CC awalnya 150cc dijejali dengan seker Honda tiger 2000 yang
200CC efeknya hampir sama suara lebih besar, getaran besar, mesin cepat panas,
terjadi knocking (detonasi). Sementara motor tersebut digunakan untuk touring
dan harian. Semua modifikasi tadi langsung menyebabkan seker/piston lumer dan meleleh.
Kasus 3
Yamaha
mio yang di bore up (dibesarkan sekernya) saat dielektrik starter maupun di kick tarter terlalu berat, bisa merompalkan giginya juga.
Semuanya berefek merugikan bukan?
Terutama safety. Bahkan di balap yang
resmi sekalipun safetynya masih
kurang, bukan saja pembalap namun nyawa penonton melayang juga, sementara jika melihat
hadiahnya sepertinya tidak imbang dengan waktu riset dan dana yang digunakan.
Di Indonesiapun pembalap-pembalap bisa dihitung dengan jari yang benar-benar
bersponsor dan memiliki prestasi yang gemilang, Namun mereka yang terjun balap
motor professional biasanya punya berbagai jaminan kesehatan dan keuangan dari
sponsor, walaupun ada masa limited
editionya saat umur sudah tidak muda lagi. Selain mereka adanya uang habis
untuk riset karena kurang prestasi dan tidak stabil performanya.
Pesan bagi generasi muda, manfaatkan
kendaraan anda dengan positif agar lebih berdaya guna seperti ini biker sejati vs biker merugi. Jika
belajar skill usahakan skill tersebut bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain,
masyarakat dan umat yang lebih luas. Seperti skill mekanik motor terapan, ini
bisa bermanfaat bagi ibuk-ibuk, bapak-bapak, anak pelajar dll. Semua segmentasi tersebut ada pada
belajar mekanik motor standart yang benar-benar ahli dibidangnya agar jadi
solusi bagi masyarakat. Adapun populasi orang yang speed lover terkadang di
1 kampung hanya ada 1 orang, itupun belum tentu ada.
Terima
kasih
Dadang
Auto Champion