Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Kerugian modifikasi motor

Kerugian modifikasi motor

            Kata modifikasi motor seolah menjadi magnet tersendiri bagi generasi muda. Seolah-olah semua ingin menjadi pembalap dan itu justru dijadikan standar pergaulan generasi muda. Apalagi itu dilakukan di jalan umum. Padahal efeknya adalah balap liar, kebut-kebutan dijalan, mengganggu lingkungan dengan kecepatan dan suara motor. Semua itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi sedikit jumlah populasi pemuda yang beretika.
Ini contoh kerugian modifikasi motor yang semua itu bisa berakibat membahayakan pengendara dan merusak motor. Modifikasi yang dilakukan ini berefek merubah perbandingan kompresi karena semua yang dilakukan adalah bore up (membesarkan seker dengan yang lebih besar, biasanya melebihi standar oversize)
Kasus 1
Kawasaki blitz 125cc sekernya diganti dengan seker Honda tiger 2000 yang 200 cc, selain membuat suara lebih besar, getaran besar, efek lainya adalah as gigi rasio bisa patah.

gigi rasio rompal
Ini gigi rasio saya foto saat dibawa pak Rio pas beli alat injeksi di Auto Champion, beliau pemilik bengkel di Brebes, itu salah satu motor yang dikerjakanya.

Kasus 2
Motor Yamaha byson yang CC awalnya 150cc dijejali dengan seker Honda tiger 2000 yang 200CC efeknya hampir sama suara lebih besar, getaran besar, mesin cepat panas, terjadi knocking (detonasi). Sementara motor tersebut digunakan untuk touring dan harian. Semua modifikasi tadi langsung menyebabkan seker/piston lumer dan meleleh.

Kasus 3
Yamaha mio yang di bore up (dibesarkan sekernya) saat dielektrik starter maupun di kick tarter terlalu berat, bisa merompalkan giginya juga.

Semuanya berefek merugikan bukan? Terutama safety. Bahkan di balap yang resmi sekalipun safetynya masih kurang, bukan saja pembalap namun nyawa penonton  melayang juga, sementara jika melihat hadiahnya sepertinya tidak imbang dengan waktu riset dan dana yang digunakan. Di Indonesiapun pembalap-pembalap bisa dihitung dengan jari yang benar-benar bersponsor dan memiliki prestasi yang gemilang, Namun mereka yang terjun balap motor professional biasanya punya berbagai jaminan kesehatan dan keuangan dari sponsor, walaupun ada masa limited editionya saat umur sudah tidak muda lagi. Selain mereka adanya uang habis untuk riset karena kurang prestasi dan tidak stabil performanya.
            Pesan bagi generasi muda, manfaatkan kendaraan anda dengan positif agar lebih berdaya guna seperti ini biker sejati vs biker merugi. Jika belajar skill usahakan skill tersebut bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, masyarakat dan umat yang lebih luas. Seperti skill mekanik motor terapan, ini bisa bermanfaat bagi ibuk-ibuk, bapak-bapak, anak pelajar  dll. Semua segmentasi tersebut ada pada belajar mekanik motor standart yang benar-benar ahli dibidangnya agar jadi solusi bagi masyarakat. Adapun populasi orang yang speed lover terkadang di 1 kampung hanya ada 1 orang, itupun belum tentu ada.

Terima kasih


Dadang Auto Champion