Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kursus Mekanik Motor Online Terapan

Cara Kerja Motor Starter

Cara Kerja Motor Starter

            Motor starter termasuk bagian yang sering digunakan, apalagi untuk cewek, cowok saja sekarang cari motor yang tanpa diengkol, karena males dan menghabiskan energi. Karena termasuk sistem yang sering digunakan makanya bagian ini juga sering rusak. Oleh karena itu untuk membantu memahamkan untuk pemula yang belum mengetahui cara kerja kelistrikan sistem motor starter, ini akan sangat membantu.

cara kerja motor starter
Skema kelistrikan motor starter

            Cara kerjanya adalah saat kunci kontak di On kan, listrik mengalir dari aki + menuju Sekering (fuse) menuju  Kunci kontak menuju Lilitan relay starter/ bendik menuju  Saklar starter yang di On kan menuju Ground atau masa. Dalam kondisi demikian maka terjadi kemagnetan, sehingga plat di relay starter tertarik kebawah dan menghubungkan terminal positif dan terminal negative. Karena terminal positif dan terminal negative terhubung, menyebabkan mengalir arus secara langsung dari aki positif menuju  terminal positif menuju terminal negative menuju Motor starter menuju Ground atau masa, sehingga motor starter bekerja.
Sebenarnya memungkinkan untuk menghidupkan motor starter tanpa relay starter, akan tetapi sangat riskan karena kabel yang menghubungkan motor starter juga kabel besar dan ada percikan api besar, sehingga jika tanpa relay starter akan sangat membahayakan dan bisa terbakar saklarnya. Makanya motor starter saat plat menghubungkan terminal positif dan terminal negatif di dalam relay starter, terjaga dengan rapat, kedap air dan udara, agar tidak mudah terbakar dan berkarat, sehingga aman tidak menimbulkan kebakaran, karena  jika kedua terminal itu dihubungkan dalam udara terbuka, percikan apinya besar, jika terkena zat reaktif akan mudah terbakar.
Dari uraian diatas nampak jelas bahwasanya fungsi relay starter adalah :
1. Menghubungkan secara langsung Aki positif menuju motor starter dan menuju Ground (massa)
2. Menjaga agar tidak terbakar  saat menghubungkan aki positif, motor starter dan masa, karena sistem relay starter kedap udara dan air.
3. Relay starter tak ubahnya seperti saklar biasa, namun cara menggabungkan saklarnya menggunakan elektromagnetik dengan arus yang didapat dari aki, sehingga memanfaatkan gaya kemagnetan/ magnet sementara.
Demikian semoga bisa membantu untuk perbaikan jika paham nama komponen, fungsi, dan cara kerjanya.

Terima kasih


Dadang Auto Champion